Rabu, 03 Maret 2010

klafisikasi makhluk hidup

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Klasifikasi adalah pengelompokkan makhluk hidup dalam takson melalui pencarian keseragaman dalam keanekaragaman. Beberapa dasar dan criteria klasifikasi makhluk hidup antara lain sebagai berikut :

  1. Berdasarkan kegunaannya, misalnya tumbuhan yang berguna untuk sandang, obat-obatan, hiasan, atau hewan yang menghasilkan daging atau susu.
  2. Berdasarakan lingkungan hidup, misalnya tumbuhan tumbuhan air, tumbuhan darat, tumbuhan dataran tinggi dan tumbuhan dataran rendah. Kemudian hewan darat dan hewan air.
  3. Berdasarkan tempat hidupnya, misalnya tumbuhan yang hidup papa sampah (jamur), tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain (anggrek), atau hewan yang hidup di dalam tanah, air atau pohon.
  4. Berdasarkan ukuran tubuhnya misalnya hewan besar (kambing, gajah, sapi, badak) serta hewan kecil (serangga dan cacing).

Untuk memudahkan mengelompokkan makhluk hidup di muka bumi, maka disusun pengelompokkan mulai dari tingkat paling rendah ke tingkat yang paling tinggi .

  1. Species (jenis)
    Spesies merupakan takson paling rendah.Contohnya mangga, jambu, pisang, sapi, kambing, babi, rusa dan lain-lain.
  2. Genus (marga)
    Spesies yang memiliki kesamaan-kesamaan cirri dimasukkan ke dalam genus yang sama. Genus adalah tingkatan takson yang memiliki beberapa spesies sebagai anggotanmya, misalnya anjing dan serigala berbeda jenis namun masih dalam satu genus.
  3. Familia (suku)
    Famili adalah tingkatan takson yang menghimpun beberapa marga atau genus. Ketentuan penulisan yaitu dengan ditambah akhiran –aceae, sedangkan pada hewan ditambah akhiran –idae.Contoh solanum ---solanaceae, canis --- canidae.
  4. Ordo (bangsa)
    Ordo adalah tingkatan takson yang menghimpun beberapa familia, misalnya family anjing, family kucing, family beruang yang membentuk bangsa Carnivora atau bangsa pemakan daging.
  5. Classis (kelas)
    Kelas adalah beberapa ordo yang memiliki cirri yang sama , misalnya beberapa hewan yang sama-sama menyusui anaknya.
  6. Phylum (filum)
    atau Dibvitio (divisi) Filum atau Divisi merupakan tingkatan takson yang menghimpun beberapa kelas yang memiliki kesamaan cirri.Misalnya seluruh hewan bersel satu dimasukkan kedalam filum Protozoa, tunbuhan berbiji dimasukan kedalan divisi Spermatophyta.
TUMBUHAN HEWAN
Regnum (Dunia) Kingdom (Kerajaan)
Divitio (Divisi) Phylum (Filum)
Classis (Kelas) Classis (Kelas)
Ordo (Bangsa) Ordo (Bangsa)
Familia (Suku) Familia (Suku)
Genus (Marga) Genus (Marga)
Species (Jenis) Species (Jenis)




Download Artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar